Kamis, 28 November 2019

Sumping

Sumping




Jaje Sumping, merupakan kue yang terbuat dari tepung beras berisi aneka isian didalamnya, sesuai dengan selera pembuat, lalu adonan nya dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk menyerupai bantal, kemudian dikukus. Isian didalamnya
bisa berupa buah atau kacang kacangan, Misalnya sumping biu (pisang),  karena didalamnya ada tambahan pisangnya, sumping waluh (labu) terbuat dari waluh, sumping kuud (kelapa muda) Sumping kacang tanah, sumping kacang merah, dan banyak lagi lainnya.

Sumping biasanya disajikan ketika menggelar pesta, baik untuk resepsi perkawinan, potong gigi, gotong royong, upacara adat dan lainnya. Namun sekarang, sumping bisa ditemukan di semua pasar tradisional dan penjual kue di pinggir jalan di Bali.

Cara membuatnya, pertama rebus santan bersama daun pandan, garam, vanilli dan tepung beras. Lalu ulek sampai terasa kental dan licin. Lalu, taruh diatas pisang sesuai takaran.  Diatasnya tambahkan potongan pisang, nangka atau buah lain sesuai selera. Lalu bungkus daun seperti melipat amplop. Kemudian, panaskan kukusan lalu jaja sumping itu dimasukan lalu diikukus sampai matang. Setelah matang, diangkat dan siap dihidangkan.





sumber : https://www.baligetaway.co.id/jajanan-pasar-khas-bali-yang-nikmat-dan-murah/

0 komentar:

Posting Komentar

 

sejarah jajanan pasar Template by Ipietoon Cute Blog Design